Web Toolbar by Wibiya

Kamis, 19 Januari 2012

Clarias gariepinus


Ikan ini biasa disebut North African Catfish, Sharptooth Catfish, Skerptandbaber atau di Indonesia kita kenal dengan nama Lele Dumbo. Dari segi istilah sendiri kata clarias berasal dari bahasa Yunani, chlaros, yang berarti hidup. Nama ini diberikan karena kemampuan ikan ini untuk hidup lama di luar air. Ikan ini bisa mencapai panjang 1500mm (59.1 inci). Ikan ini adalah spesies asli Afrika meskipun kemudian menyebar luas hingga ke Asia dan Eropa.

Spesies Clarias dicirikan memiliki tubuh memanjang, sirip punggung halus memanjang hampir sampai sirip ekor, sirip anus halus memanjang dari belakang anus ke sirip ekor, sirip dada masing-masing dilengkapi tulang keras sebagai alat pertahananya, kepala agak gepeng dan dilindungi lempeng tulang yang membentuk helm pelindung, serta memiliki empat pasang sungut (di bagian nasal, maxillaries, mandibular dalam dan mandibular luar). Pada lele dumbo jantan terdapat tonjolan dibelakang anus yang berfungsi sebagai alat reproduksi. Ikan ini tergolong spesies yang sangat kuat dan toleran terhadap kualitas air yang buruk. Ia mampu bertahan hidup di lumpur basah selama ia masih bisa menyerap udara.

Ikan ini hidup di kadar pH air 5.6 - 8.0 dengan salinitas maksimal Max Salinity: 10 mg/l. Ikan ini memakan segala, dari zooplankton hingga ke beberapa jenis burung. Ia biasa mencari makan di malam hari dan ke tika siang hari ia biasanya memangsa invertibrata. Ia biasa memilih tempat yang memiliki rongga untuk tempat bersembunyi. Jika kita bermaksud memeliharanya dengan ikan yang lain maka pilihlah ikan yang ukuranya tidak muat masuk ke mulut lele ini.

Lele dumbo berkembang biak di musim hujan, pemijahan terjadi karena dipicu oleh naiknya permukaan air. Pemijahan terjadi biasanya di air dangkal. Ikan ini tidak menjaga telurnya atau mengasuh burayaknya.

Klasifikasi ilmiah

Kerajaan: Animalia; Filum: Chordata; Kelas: Actinopterygii; Ordo: Siluriformes; Famili: Clariidae; Genus: Clarias; Spesies: Clarias gariepinus.

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar