Web Toolbar by Wibiya

Sabtu, 03 Maret 2012

William Henry "Bill" Gates III


Ditransliterasi dari wikipedia oleh Abdul Wadud Nashruddin

William Henry "Bill" Gates III lahir pada 28 Oktober 1955. Beliau adalah tokoh bisnis Amerika, filantropis, penulis, dan ketua Microsoft, perusahaan software yang dia dirikan bersama Paul Allen. Dia secara konsisten selalu masuk dalam jajaran orang terkaya dunia, dan termasuk yang terkaya diantaranya sejak 1995 hingga 2009, termasuk 2008, ketika ia berada di peringkat ketiga. Selama karirnya di Microsoft, Gates memegang jabatan CEO dan kepala arsitek piranti lunak, dan tetap menjadi pemegang saham individual terbesar, dengan lebih dari 8 persen dari saham biasa. Ia juga menulis atau turut menulis beberapa buku.

Gates adalah salah satu pengusaha paling terkenal dari revolusi personal computer. Meskipun ia dikagumi oleh banyak orang, sejumlah orang dalam industri mengkritik taktik bisnisnya, yang mereka anggap anti-persaingan, suatu pendapat yang dalam beberapa kasus telah ditegakkan oleh pengadilan. Pada tahap berikutnya dalam karirnya, Gates telah melakukan sejumlah upaya filantropis, menyumbangkan uang dalam jumlah besar untuk berbagai organisasi amal dan program riset ilmiah melalui Bill & Melinda Gates Foundation, yang didirikan pada tahun 2000.

Gates mundur sebagai CEO Microsoft pada bulan Januari 2000. Dia tetap sebagai ketua dan menciptakan posisi kepala arsitek piranti lunak. Pada bulan Juni 2006, Gates mengumumkan bahwa ia akan transisi dari pekerjaan penuh waktu di Microsoft untuk bekerja paruh-waktu, dan merubah konsentrasinya untuk mengurus Bill & Melinda Gates Foundation. Dia secara bertahap mendelegasikan tugasnya kepada Ray Ozzie, kepala arsitek piranti lunak, dan Craig Mundie, kepala penelitian dan strategi. Hari terakhir Gates bekerja penuh waktu di Microsoft adalah tanggal 27 Juni 2008. Ia tetap di Microsoft sebagai ketua non-eksekutif.

Gates lahir di Seattle, Washington, dari pasangan William H. Gates, Sr dan Mary Maxwell Gates, yang berdarah campuran Inggris, Jerman, dan Skotlandia-Irlandia. Keluarganya tergolong kelas menengah ke atas. Ayahnya adalah seorang pengacara tersohor. Ibunya termasuk dewan direksi First Interstate Banc System dan United Way. Dan kakeknya (ayah ibunya), JW Maxwell, adalah presiden bank nasional. Gates memiliki satu kakak, Kristi (Kristianne), dan satu adik perempuan, Libby. Dia sebenarnya ada di urutan ke empat dalam jejang nama di keluarganya, tetapi dikenal sebagai William Gates III atau "Trey" karena ayahnya telah menjatuhkan angka “III” dari namanya. Apada mulanya, orangtua Gates memiliki keinginan agar Gates menempuh karir di bidang hukum.

Pada usia 13 tahun  ia masuk di Lakeside School, sebuah sekolah khusus yang eksklusif. Ketika ia berada di kelas delapan, Klub ibu-ibu wali murid di sekolah menggunakan hasil lelang barang-barang Lakeside School untuk membeli sebuah ASR-33 teletype terminal dan 1 blok time computer pada perusahan komputer General Electric (GE) untuk siswa sekolah. Gates sangat berminat dalam mempelajari pemrograman BASIC yang digunakan dalam sistem GE, dan pihak sekolah mendukung dengan membebaskanya dari kelas matematika untuk mengejar minatnya. Dia menulis program komputer pertama pada mesin ini, sebuah implementasi dari tic-tac-toe yang memungkinkan pengguna untuk bermain game melawan komputer. Gates terpesona oleh mesin dan tertarik bagaimana dia mampu mengeksekusi kode software dengan sempurna. Ketika ia ditanya tentang kesanya pada saat itu, ia berkata, "Ada sesuatu rapi tentang mesin." Setelah sumbangan klub ibu-ibu wali murid berangsur berkurang, ia dan siswa lainnya megisi waktu memperlajari sistem-sitem komputer termasuk DEC PDP minicomputers. Salah satu dari sistem yang mereka utak-atik adalah PDP-10 milik Computer Center Corporation (CCC), yang kemudian melarang empat siswa Lakeside, Gates, Paul Allen, Ric Weiland, dan Kent Evans untuk menikmati liburan musim panas setelah mereka tertangkap menciptakan bug dalam sistem operasi komputer untuk mengacaukan perhitungan waktu (curang agar dapat jatah memakai komputer lebih).

Setelah masa hukuman berakhir, empat siswa tersebut ditawari pekerjaan untuk menemukan bug dalam perangkat lunak CCC, sebagai imbalanya mereka diberikan keleluasaan waktu lebih untuk bermain komputer. Daripada menggunakan sistem via teletype yang tidak efisien, Gates pergi ke kantor CCC dan mempelajari kode sumber untuk berbagai program yang berjalan pada sistem, termasuk program dalam FORTRAN, LISP, dan bahasa mesin. Pekerjaan dengan CCC berlanjut hingga tahun 1970 tepat disaat perusahaan tersebut gulung tikar. Tahun berikutnya, Information Sciences Inc menyewa keempat siswa Lakeside untuk menulis sebuah program penggajian dengan sistem COBOL, dengan kompensasi fasilitas komputer dan royalti. Setelah pengalaman tersebut iseng Gates menciptakan program komputer sekolah untuk jadwal pergiliran siswa di kelas. Dia memodifikasi kode sehingga ia ditempatkan di kelas-kelas yang isinya sebagian besar perempuan. Dia kemudian menyatakan bahwa "sulit untuk menarik diri saya jauh dari mesin di mana saya bisa begitu jelas menunjukkan keberhasilan." Pada usia 17, Gates membentuk usaha dengan Allen, yang disebut Traf-O-Data, untuk membuat traffic counter dengan prosesor Intel 8008.

Gates lulus dari Lakeside School pada tahun 1973. Dia mencetak nilai yang sangat memuaskan dan diterima di Harvard College pada musim gugur 1973. Ketika di Harvard, Ia bertemu dengan Steve Ballmer, yang kemudian berhasil mambawa Gates menjadi CEO dari Microsoft.

Dalam tahun kedua kuliahnya, Gates merancang sebuah pemrograman algoritma untuk menyortir serabi (pancake) sebagai solusi untuk salah satu dari serangkaian masalah yang tak terpecahkan dipandu dalam kelas kombinatorik oleh Harry Lewis, salah satu profesornya. Solusi yang dihasilkan program buatan Gates memegang rekor sebagai versi tercepat selama lebih dari tiga puluh tahun. Sementara versi pengganti terkini dari program yang diciptakan Gates lebih cepat dengan hanya satu persen. Program solusi Gates kemudian diformalkan dalam sebuah makalah yang diterbitkan bekerja sama dengan ilmuwan komputer Harvard Christos Papadimitriou.

Gates tidak memiliki rencana studi tertentu seperti mahasiswa lainya di Harvard, dan hanya menghabiskan banyak waktu menggunakan komputer kampus. Ia tetap menjalin kontak dengan Paul Allen, yang akhirnya bertemu dengan dia di Honeywell selama musim panas tahun 1974. Pada tahun berikutnya Gates merilis MITS Altair 8800 dengan dukungan CPU Intel 8080. Gates dan Allen melihat ini sebagai kesempatan untuk memulai sendiri perusahaan perangkat lunak komputer mereka. Ia kemudian membicarakan keputusan ini dengan orang tuanya, yang mendukung dia setelah melihat betapa Gates ingin mendirikan perusahaanya sendiri.

3 komentar:

  1. What you're saying is completely true. I know that everybody must say the same thing, but I just think that you put it in a way that everyone can understand. I'm sure you'll reach so many people with what you've got to say.

    BalasHapus
  2. Anda dapat membaca sepak bola terbaik, prediksi berita di situs saya
    Prediksi Bola
    Terima Kasih

    BalasHapus