Web Toolbar by Wibiya

Kamis, 19 Januari 2012

Rasbora einthovenii


Ikan ini bernama lain brilliant rasbora atau blue line rasbora. Ikan ini hidup di wilayah Semenanjung Malaya dan Indonesia. Ia hidup di air tawar di daerah beriklim tropis dengan rentang pH air 6,0-6,5 dan suhu 22 °- 26 ° C. Ikan ini hidup di sungai-sungai di hutan. Ia adalah jenis karnivora yang memangsa cacing, krustasea dan serangga. Karena warnanya yang cantik ia dijadikan ikan hias untuk akuarium.

Dalam Bahasa Melayu ikan ini disebut ikan Sulir Batang. Diamantrasbora dalam Bahasa Denmark, Vegabarbling dalam Bahasa jerman dan Razbora briliantová dalam Bahasa Cekoslovakia.

Ikan ini berasal dari Thailand Selatan, Semenanjung Malaysia, Singapura, Pulau Kalimantan dan Sumatera. Di Thailand ikan ini ditemukan juga di sekitar Sungai Golok dan Tak Bai yang berada di Distrik Narathiwat dan berbatasan dengan Semenanjung Malaysia. Ikan ini juga dijumpai di daerah hutan rawa gambut di negara bagian Penang, Selangor dan Johor. Di Singapura ikan ini ditemukan di Rawa Nee Soon.

Di Indonesia ikan ini dijumpai di Pulau Sumatera. Persebaranya di Lembah Harau di Sumatera Barat, di Bagan Siapiapi Riau dan berbagai wilayah di Provinsi Riau Kepulauan termasuk Pulau Bintan, Pulau Sugi dan Natuna Besar. Dalam jumlah yang lebih kecil dijumpai pula di utara dan barat Kalimantan. Ikan ini dijumpai di Sarawak dan Sabah, Brunei dan Kalimantan Barat. Ikan ini juga ditemukan di Pulau Labuan lepas pantai Sabah.

Klasifikasi ilmiah

Kerajaan: Animalia; Filum: Chordata; Kelas: Actinopterygii; Ordo: Cypriniformes; Famili: Cyprinidae; Genus: Rasbora; Spesies: Rasbora einthovenii.

Sumber                     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar