Web Toolbar by Wibiya

Kamis, 19 Januari 2012

Clarias intermedius


Clarias intermedius adalah lele endemik Kalimantan Tengah (Indonesia). Ia dapat ditemukan di antara Sampit dan cekungan Sungai Barito. Spesies ini termasuk dalam kelompok spesies Clarias Asia dilihat dari jarak yang sangat pendek antara organ oksipital dan sirip dorsal seperti pada Clarias macrocephalus dan Clarias meladerma. Dari spesies yang lain dibedakan antara lain dengan jumlah alat penyapu insang yang lebih sedikit pada lengkung branchial pertama (16-23 dibanding dengan 27-33).

Cara lain untuk membedakanya dilihat jumlah serrae yang lebih banyak pada sisi anterior tulang sirip dada (26-46 dibandingkan dengan 14-22). Clarias meladerma dan spesies baru ini sama-sama berasal dari Kalimantan Tengah. Di daerah ini, adanya diagnostik lokus enzimatik dan tidak adanya perantara genotipe antara kedua spesies menunjukkan adanya isolasi reproduksi mereka. Ukura ikan ini mencapai 19.3 cm.

Klasifikasi ilmiah

Kerajaan: Animalia; Filum: Chordata; Kelas: Actinopterygii; Ordo: Siluriformes; Famili: Clariidae; Genus: Clarias; Spesies: Clarias intermedius.

Sumber       


Tidak ada komentar:

Posting Komentar