Web Toolbar by Wibiya

Selasa, 28 Februari 2012

Ragnar Anton Kittil Frisch

Ragnar Anton Kittil Frisch yang lahir pada tanggal 3 Maret 1895 dan wafat pada tanggal 31 Januari 1973 adalah seorang ekonom Norwegia yang berhasil memenangkan nobel di bidang ekonomi bekerjasama dengan Jan Tinbergen pada tahun 1969. Dia dikenal karena telah meletakkan dasar untuk disiplin ilmu ekonometrika, yang pada tahun 1933 telah menjadi istilah yang banyak digunakan baik di bidang makroekonomi maupun mikroekonomi.

Frisch adalah salah satu pelopor diakuinya ekonomi sebagai ilmu pengetahuan modern. Dia membuat sejumlah kemajuan signifikan dalam bidang ekonomi dan menciptakan sejumlah kata baru termasuk ekonometri dan makroekonomi. Makalahnya di tahun 1926 tentang teori konsumen membantu meletakkan dasar untuk terciptanya metode penelitian Neo-Walrasian. Dia menemukan teori produksi pada tahun 1965. Dalam ekonometrikan dia menulis Time Series (1927) dan Linear Regression Analysis (1934). Dengan Frederick Waugh, dia memperkenalkan Teorema Frisch-Waugh (Econometrica 1933)  yang kadang disebut juga sebagai teorema Frisch-Waugh-Lovell. Pasa tahun 1933 karyanya Impulse-Propagation Business Cycles menjadi salah satu prinsip dasar untuk teori modern atas siklus bisnis klasik baru. Ia juga membantu memperkenalkan penerapan ekonometrika untuk perencanaan pemerintah ekonomi dan akuntansi. Dia adalah salah satu pendiri organisasi Econometric Society dan editor Jurnal Econometrica selama lebih dari dua puluh tahun. The Frisch Medal dijadikan sebuah bentuk penghormatan untuknya, yang diberikan setiap dua tahun untuk tulisan terbaik yang diterbitkan dalam Econometrica dalam lima tahun terakhir. Frisch memiliki hobi utama beternak lebah, di mana ia juga melakukan studi genetik tentang binatang itu.

Biografi

Ragnar Frisch lahir pada tanggal 3 Maret 1895 di Oslo sebagai anak pasangan pengrajin emas dan perak, Anton Frisch dan Ragna Fredrikke b. Kittilsen. Karena diharapkan untuk melanjutkan bisnis keluarganya, Frischmagang di bengkel David Andersen di Oslo. Namun, atas nasihat ibunya, sambil magang Frisch juga mulai belajar di Universitas Oslo. Topik yang dipilihnya adalah ekonomi, karena dianggap sebagai studi terpendek dan termudah yang tersedia di universitas. Dia lulus bergelar sarjana pada tahun 1919. Pada tahun 1920 ia juga lulus ujian pengrajin dan kemudian menjadi mitra kerja di bengkel ayahnya.

Pada tahun 1921 Frisch menerima beasiswa dari universitas yang memberikan kesempatan baginya untuk menghabiskan tiga tahun belajar ekonomi dan matematika di Perancis dan Inggris. Setelah itu ia kembali ke Norwegia pada tahun 1923, di tengah keadaan bisnis keluarganya yang sedang mengalami kesulitan. ia melanjutkan aktivitas ilmiah, ia yakin bahwa penelitian adalah panggilan profesi sebenarnya, bukan perhiasan. Ia menerbitkan beberapa tulisan tentang teori probabilitas dan mulai mengajar di Universitas Oslo di tahun 1925. Pada tahun 1926, ia memperoleh gelar Ph D nya dengan desrtasi dalam bidang statistik matematika.

Pada tahun 1926, Frisch menerbitkan sebuah artikel yang menguraikan pandangannya bahwa ilmu ekonomi harus mengikuti jalan yang sama melalui kuantisasi teoritis dan empiris yang digunakan disiplin ilmu lain, terutama fisika. Pada tahun yang sama, ia menerbitkan artikel Sur un problème d'économie pure di mana ia memulai mengaplikasikan program kuantisasinya sendiri di bidang ekonomi. Artikel ini menawarkan teori axiomatik yang menghasilkan suatu spesifikasi yang tepat baik dari fungsi ordinal maupun kardinal, dilengkapi dengan estimasi empiris dari spesifikasi kardinal. Frisch juga mulai mengajar kuliah tentang teori produksi, memperkenalkan metode matematis di bidang tersebut.

Frisch menerima beasiswa dari Rockefeller Foundation untuk mengunjungi Amerika Serikat pada tahun 1927. Di sana, mencari ekonom lainnya yang tertarik dalam pendekatan baru melaui matematika dan statistik untuk ekonomi. Ia kemudian bertemu dengan Irving Fisher, Wesley Clair Mitchell, Allyn Young dan Henry Schultz. Dia menulis sebuah makalah menganalisis peran investasi dalam menjelaskan fluktuasi ekonomi. Wesley Mitchell, yang baru saja menulis sebuah buku tentang siklus bisnis, memperkenalkan artikel Frisch itu, yang memperkenalkan metode canggih baru.

Meskipun beasiswanya diperpanjang untuk melakukan perjalanan ke Italia dan Perancis, tahun berikutnya Frisch harus kembali ke Norwegia karena kematian ayahnya. Dia menghabiskan satu tahun untuk memodernisasi dan melakukan rekapitalisasi atas bengkel keluarganya dengan menjual aset keluarga dan berusaha mencari seorang ahli perhiasan untuk mengelolakan bisnis untuknya. Kemudian dia kembali bekerja di bidang akademik, pada tahun 1928 diangkat menjadi Associate Professor di bidang statistik dan ekonomi di Universitas Oslo. Selama tahun 1927 hingga 1928 Frisch menerbitkan serangkaian artikel yang berjudul the statistics of time series. Pada tahun 1929 ia menerbitkann esai penting pertamanya tentang metodologi ekonometrika, Correlation and scatter in statistical variables, diikuti tulisan pada tahun yang sama dengan judul Statics and dynamics in economic theory, yang mampu memaparkan dinamika dalam analisis ekonomi. Frisch diangkat menjadi seorang Profesor penuh universitas pada tahun 1931. Dia juga mendirikan sebuah universitas, institut ekonomi yang didanai Rockefeller Foundation pada tahun 1932 dan menjadi direktur riset di sana.

Frisch menikahi Marie Smedal
di tahun 1920 dan dikaruniai seorang putri bernama Ragna. Cucunya, Nadia Hasnaoui, menjadi bintang televisi Norwegia. Setelah istri pertamanya meninggal pada tahun 1952, ia kemudian menikah lagi pada tahun 1953 dengan seorang teman masa kecilnya, Astrid Johannessen.

Ragnar Frisch menerima hadiah the Antonio Feltrinelli prize dari Accademia Nazionale dei Lincei pada tahun 1961 dan memenangkan Nobel Memorial Prize dalam Ilmu Ekonomi di tahun 1969 bersama dengan Jan Tinbergen untuk jasanya mengembangkan dan menerapkan model dinamik untuk proses analisis ekonomi.

Selama pendudukan Nazi Jerman di Norwegia, Frisch dipenjarakan di beberpa kamp konsentrasi mulai dari tanggal 17 Oktober 1943 di kamp konsentari, kemudian di kamp konsentrasi Berg  22 November 1943, kemudian di kamp konsentrasi Grini dari tanggal 9 Desember 1943 hingga  8 Oktober 1944.


Karya-karya

  • 1926 - Kvantitativ formulering av den teoretiske økonomikks lover [Quantitative formulation of the laws of economic theory]. Statsøkonomisk Tidsskrift 40: 299–334.
  • 1926 - Sur un problème d'économie pure [On a problem in pure economics]. Norsk Matematisk Forenings Skrifter, Oslo 1 (16): 1–40.
  • 1927 - Sammenhengen mellem primærinvestering og reinvestering [The relationship between primary investment and reinvestment]. Statsøkonomisk Tidsskrift 41: 117–152.
  • 1929 - Correlation and scatter in statistical variables. Nordic Statistical Journal 1: 36–102.
  • 1929 - Statikk og dynamikk i den økonomiske teori [Statics and dynamics in economic theory]. Nationaløkonomisk Tidsskrift 67: 321–379.

1 komentar:

  1. Anda dapat membaca sepak bola terbaik, prediksi berita di situs saya
    Prediksi Bola
    Terima Kasih

    BalasHapus