Web Toolbar by Wibiya

Selasa, 28 Februari 2012

Angkringan Pak Min



Angkringan adalah bisnis kuliner khas Kota Jogjakarta. Jajanan sederhana, nasi kucing, berbagai jenis makanan dan snack menjadi produk andalan dalam usaha ini. Pak Sagimin memulai usaha ini sejak 1998, didorong uleh lesunya minat konsumen untuk menggunakan jasa becak, usaha yang digelutinya sejak tahun 1983.

Saat memulai usaha Pak Sagimin masih mengandalkan titipan dari orang lain untuk dijual kepada konsumen. Cara seperti ini justru membuat ia sering merugi dan usahanya tidak berkembang baik pada tiga bulan pertama. Pak Sagimin lalu memutuskan untuk membuat aneka gorengan, meracik sambal teri dan membungkus nasi sendiri yang hingga saat ini justru menjadi produk favorit di angkringanya. Usaha ini kemudian berkembang sedikit demi sedikit, bukan hanya penambahan berbagai pilihan jajanan tapi juga perbaikan fisik lokasi dagang. Dibantu anaknya, Pak Min membangun sendiri tempat dagangnya meski harus turun sendiri ke Kali Gajah Wong untuk menambang pasir agar bisa menekan biaya pembangunan dan perluasan angkringanya.



Angkringan ini terletak di kampung Ngentak Sapen, Papringan, sebelah barat gedung teater terbuka UIN Sunan Kalijaga Jogjakarta, menempati sudut sempit di atas aliran irigasi yang melalui wilayah ini. Tempat yang sempit dan tergolong tertutup itu tidak mengurangi jumlah pelanggan yang datang. Pelanggan yang datang kebanyakan adalah mahasiswa, karyawan UIN dan juga masyarakat sekitar. Masyarakat Ngentak Sapen sangat mendukung bisnis ini.



Berangkat dari hidup Pak Sagimin yang semula susah, angkringan ini bisa mengangkat derajat hidup keluarga dan memberikan manfaat bagi lingkungan sekitar. Dibantu oleh istrinya tercinta Bu Renyep dan kedua anaknya, Pak Min (panggilan akrabnya) mengelola usaha ini. Usaha ini sudah bisa membuatnya menyekolahkan anaknya hingga D1, tentu saja ini adalah sebuah kebanggaan tersendiri.


Menurut ceita Supriyadi, anak Pak Min, ia dibawa orang tuanya ke jogja sejak usia 48 hari dalam keadaan ekonomi yang pas-pasan setelah sebelumnya menjual seekor kambing. Hidup seperti inilah yang membuat ia dan adiknya Lusiana terbiasa hidup mandiri dan giat membantu kedua orang tuanya mencari nafkah. Di luar dugaan, Supri ini justru bercita-cita untuk meneruskan usaha keluarganya. Ia bangga dengan bisnis orang tuanya dan memiliki harapan besar pada usah ini. Usaha ini juga membantunya  memperoleh uang saku selama ini.

Ada beberapa hal yang menarik dari filosofi hidup dan usaha Pak Min. Menurutnya anak-anak harus bisa makan dan hidup nyaman meski dia dan istrinya harus menahan lapar. Bisnis harus dimulai tanpa banyak ragu dengan keuletan dan harus memiliki daya tarik khas. Semangat yang didasari kasih sayang pada keluarga dan semangat untuk bekerja keras inilah yang mampu membuat kehidupan beliau berangsur membaik. Selayak bisnis yang lain, bisnis angkringan Pak Min ini juga terbentur berbagai kendala. Selain harus tetap mengikuti ritme jadwal kampus yang mengharuskan warung tutup jika aktifitas kampus berhenti atau libur panjang, Pak Min juga kerap menghadapi ulah curang pelanggan yang jajan lalu langsung kabur tanpa bayar atau mereka yang hutang dan tidak pernah kembali untuk melunasi. Dinamika kehidupan mahasiswa dan ritme tanggal muda dan tanggal tua memang jadi nuansa khas tempat dagangnya.

Menurut seorang pelanggan angkringan, Hasan Basri yang sekarang kuliah di jurusan informatika UIN Sunan Kalijaga, angkringan ini sangat cocok untuk menjadi tempat nongkrong dan bertemu banyak kenalan baru. Posisinya yang strategis karena bersebelahan dengan pusat aktivitas mahasiswa, membuat ia yang sehari-hari aktif di UKM KSR kerap mengunjungi angkringan ini. Tentu saja harga yang terjangkau dan suasana hangat tempat ini bisa membuat muncul rasa nyaman pada tiap pelangganya.

Jadi tidak rugi kalau kita sekali-kali mampir di angkringan ini untuk menjajal nasi kucing sambel teri spesial ala Pak Min. Pelayanan yang ramah dan didukung suasana kekeluargaan membuat kita bisa merasakan sensasi tersendiri. Pak Min dengan sifatnya yang rendah hati dan ramah siap melayani anda dengan canda gurau yang bisa menyegarkan suasana. 

1 komentar:

  1. Anda dapat membaca sepak bola terbaik, prediksi berita di situs saya
    Prediksi Bola
    Terima Kasih

    BalasHapus